Sunday, June 14, 2015

Alat Kristik - Bobbin Benang

Assalamu'alaikum :)


Kristik memiliki banyak peralatan yang digunakan, salah satu yang paling penting adalah benang (hehe udah jelas ini mah). Benang yang berantakan pasti menjadi salah satu masalah kebanyakan panjahit dan pengrajin yang memakai benang (pengalaman pribadi).

Nah, untuk mengatasi benang yang berantakan itu, ada alat pendukung yang bernama bobbin benang. Saya kurang tau kalau dalam bahasa Indonesia disebut apa, tetapi bobbin benang ini berfungsi untuk menggulung benang sehingga bisa lebih mudah ditata.

Bobbin benang banyak macamnya, saya pribadi lebih suka yang bentuknya datar bukan bulat, jadi lebih mudah ditata dalam wadah yang tidak terlalu besar. Dibawah ini adalah contoh bobbin benang yang datar terbuat dari plastik :


Bobbin plastik seperti ini bisa didapatkan di toko-toko kerajinan baik online ataupun offline.

Sekarang, saya ingin membagi cara membuat bobbin benang sederhana dari peralatan rumahan.

- Siapkan peralatannya : kardus bekas, gunting, pulpen, paper clip dan benang.


- Buat pola bobbin benang di kardus menggunakan pulpen. Bentuk polanya tidak harus sama persis dengan bobbin plastik, yang penting bisa untuk menggulung benang seperti contoh dibawah ini.


- Potong sesuai pola.


- Selipkan paperclip di salah satu ujung bobbin benangnya. Paperclip berfungsi untuk menjepit ujung benang agar tidak berantakan.


- Mulai gulung benang.


- Jika sudah selesai menggulung, selipkan ujung benang ke dalam paperclip.


Dan, selesai :)

Mudah, bukan?

Buat juga untuk benang-benang yang lain.


Dengan memakai bobbin, benang akan rapi, tidak berantakan ujungnya dan lebih mudah disimpan. Benang-benang milik saya, saya simpan dalam wadah plastik makanan biasa, seperti dibawah ini :


Terlihat rapi dan cantik, bukan? Lebih mudah juga untuk menata sesuai dengan warnanya.

Selamat mencoba :) semoga bermanfaat.


Terimakasih :)

1 comment:

  1. Free Cross-Stitch Patterns - http://kristikgratis.blogspot.com

    ReplyDelete