Thursday, May 19, 2016

Cara Mudah Membuat Pola Kristik

Assalamu'alaikum :)


Selamat malam teman-teman ^.^ semoga sehat selalu

Dalam menjalani usaha kristik ini, banyak teman-teman yang bertanya apakah saya membuat desainnya sendiri. Iya, hampir seluruh desain utama (karakter orang) saya buat sendiri, untuk desain pelengkap seperti huruf dan bunga hiasan, ada sebagian yang saya ambil dari internet.

Hal yang membuat saya tersanjung (bukan tersandung ya :D), teman-teman juga bercerita bahwa mereka ingin melakukan usaha yang sama. Sedikit banyaknya semoga yang saya lakukan dapat menginspirasi teman-teman untuk membangun usaha sendiri.

Yang sering ditanyakan lagi, adalah bagaimana caranya membuat desain kristik sendiri. Desain kristik pertama yang saya buat adalah desain anak laki-laki sedang bermain basket, yang saya buat ketika saya SMP. Ya, eS eM Pe. Saya buat desainnya menggunakan buku kotak-kotak matematika. Tapi maaf sekali, sudah hilang entah kemana desainnya setelah gempa Bantul 2006.

Kali ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman cara membuat desain kristik yang mudah dengan peralatan yang bisa ditemukan dirumah ^.^

Alat yang diperlukan :

- Buku matematika kotak-kotak atau bisa menggunakan buku millimeter blok. Buku-buku ini dapat dengan mudah dibeli di toko alat tulis
- Pensil
- Spidol warna-warni
- Kain untuk kristik, saya memakai kain aida 14ct
- Benang
- Jarum
- Gunting

Kali ini saya akan membuat pola burung sesuai dengan gambar dibawah. Saya selalu suka mengumpulkan gambar dari internet atau memfoto benda-benda yang menarik untuk dibuat pola kristik.

Saya akan membuat pola dari gambar burung yang berwarna jingga-hijau
Teman-teman bisa membuat pola dari gambar apapun.

Langkah-langkah :

1. Siapkan gambar contoh, buku kotak matematika dan pensil

2. Gambar burung di buku kotak matematika menggunakan pensil (klik untuk memperbesar gambar)


3. Buat bentuk silang (x) disetiap kotak dengan warna yang diinginkan. Beri tanda silang pada kotak didalam gambar burung, jika kotak yang berada dalam gambar hanya sedikit. maka tidak perlu diberi tanda silang. 


4. Pola sudah hampir selesai. Pola sudah mulai bisa dijahit. Siapkan kain, benang, jarum dan gunting. Untuk tusuk silang saya menggunakan 2 helai benang sulam.


5. Pola jahitan sudah mulai membentuk gambar burung. Untuk memperjelas bentuk burung, ditambahkan garis luar berwarna hitam. Buat garis menggunakan spidol hitam mengikuti pola pensil. Buat garis dengan menghubungkan pojok-pojok kotakan.


6. Buat tusuk jelujur menggunakan 1 helai benang hitam.


Dan selesai...

Saya selalu suka melihat perbedaan hasil kristik sebelum dan setelah diberi tusuk jelujur. Terlihat sekali perbedaan hasil kristik yang ditambah dengan tusuk jelujur. Terlihat lebih hidup.

Seperti kegiatan-kegiatan yang lain, membuat pola ini membutuhkan banyak latihan. Untuk percobaan pertama saya sarankan membuat bentuk-bentuk yang sederhana lebih dulu. Buat pola dan jahit. Buat pola lagi dan jahit lagi.

Untuk menambah referensi pembuatan pola, saya sering melihat-lihat pola-pola dari merek kristik terkenal contoh Soda Stitch. Saya selalu terkagum-kagum bagaimana bisa dengan ukuran yang kecil bisa membuat pola dengan detail menarik. Saya perhatikan tusukan silang yang ada di pola Soda Stitch itu sederhana, yang membuat nya menarik adalah tusuk jelujur yang membentuk polanya dan gradasi warnanya.

Contoh kristik Soda Stitch

Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman untuk berkarya.

Jika ada pertanyaan silakan menulis komen atau hubungi kontak saya.


Terimakasih :)

1 comment:

  1. Free Cross-Stitch Patterns - http://kristikgratis.blogspot.com

    ReplyDelete